Mitos Enteng Jodoh Di Curug Cipamingkis Bogor

Mitos Enteng Jodoh Di Curug Cipamingkis Bogor

Di Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Curug Cipamingkis yang merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bogor. Curug ataupun air terjun ini sendiri terletak di Desa Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, curug ini juga menyajikan keindahan alam yang sangat indah dimana dikelilingi dengan pohon besar. Curug Cipamingkis ini juga merupakan sebuah tempat dimana aliran dua sungai yang mana melintasi Bogor seperti sungai Cipamingkis dan juga sungai Cisarua. Nama dari Curug Cipamingkis ini sendiri diambil dari salah satu sumber sungai itu sendiri. Udaranya yang sejuk dan juga airnya yang sangat dingin tentu saja akan membuat Anda menjadi lebih betah untuk berlama – lama berada di curug ini. Kemudian curug ini dilengkapi dengan hutan yang mana dikelola pada atas lahan seluas 16,50 hektar, selain itu pengelola tersebut juga melengkapinya dengan beberapa fasilitas yang instagramable untuk diunggah di media sosial. Namun di balik keindahan dari curug tersebut, tersimpan sebuah mitos yang melegenda di kalangan masyarakat.

Mitos yang tersimpan di Curug Cipamingkis ini sendiri adalah air terjunnya yang dipercaya mempunyai khasiat yang mana membuat orang bisa lebih cepat dalam mendapatkan jodoh jika mandi tepat pada bawah kucuran air terjun tersebut. Mitos itu sendiri bermula dari sebuah kisah dimana muda – mudi di zaman dulu yang berhasil dalam membina rumah tangga setelah datang ke curug tersebut. Mereka semua berdoa kepada sang pencipta untuk bisa disegerakan dalam mendapatkan jodoh, dan pada akhirnya kisah tersebut menjadi tersebar dan sampai dengan sekarang ini dipercaya oleh masyarakat Sukamakmur.

Selain dengan mitos enteng jodoh, curug ini sendiri juga menyimpan sisi mistis dimana, menurut warga setempat, konon pada area air terjun sering kali muncul sebuah penampakan makhluk halus yang berbentuk ular naga dengan kepala seorang perempuan yang cantik. Masyarakat juga mempercayai jika ratu ular yang mana sesekali menampakkan wujudnya tersebut merupakan penunggu dari Curug Cipamingkis tersebut. Masyarkat sekitar juga menyampaikan jika di tempat tersebut sering kali digunakan sebagai sebuah tempat untuk mencari ilmu gaib karena dulunya pernah ada orang yang ke curug tersebut, kemudian setelah mendapatkan sinar dari makhluk gaib, dirinya kemudian memiliki kekuatan gaib.

Terlepas dari sebuah kisah misteri dan juga mitos yang menyelimutinya, lokasi dari air terjun atau Curug Cipamingkis ini sendiri tidak pernah sepi akan pengunjung. Sebagian besar dari mereka ingin mencoba dinginnya air pegununungan yang segar, bening dan juga asri. Selain itu ada juga sebagian pengunjung yang tak segan mengambil air dari curug tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol untuk dibawa pulang.

Dan untuk mengurangi nuansa mistis yang ada di Curug Cipamingkis tersebut, pengelola setempat kemudian mempercantik tampilan dari lokasi tersebut dengan sarana yang modern namun tanpa merusak alam. Dengan demikian pemandangan Curug Cipamungkas ini juga dapat lebih indah dan menarik, namun tetap ramah lingkungan dan semakin asri. Sedangkan untuk mitos dari Curug Cipamingkis ini sendiri tentu saja akan menjadi sebuah kesan menarik tersendiri karena bisa juga dijadikan sebagai sebuah cerita. Jadi nantinya Anda bisa berwisata di curug ini sembari membuktikan apakah mitos yang tersimpan pada Curug Cipamingkis tersebut memang benar adanya ataupun tidak. Namun pada dasarnya semua hal tersebut tergantung dari kepercayaan masing – masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *