8 Mitos Ini Ternyata Ada Manfaatnya untuk Anda Lho

8 Mitos Ini Ternyata Ada Manfaatnya untuk Anda Lho

Petuah orang tua dahulu seringkali menjadi mitos-mitos yang masih dipercayai orang hingga kini. Namun kalangan generasi saat ini yang telah memiliki ilmu pengetahuan yang baik sudah banyak yang sadar dengan mitos yang tidak nyata. Orang tua dimasa dahulu ketika ingin melarang anak-anaknya, mereka membuat mitos yang membuat anak-anak tak bertanya lagi. Dengan cara menakut-nakuti atas efek suatu kejadian hingga muncullah yang dikatakan dengan mitos. Namun tak selamanya mitos itu buruk, ternyata ada juga kebaikannya yang bisa dipahami oleh kita yang sudah mendapatkan banyak pengetahuan:

1. Tidak boleh memotong kuku di malam hari, ini dilakukan sebagai bentuk kasih sayang orang tua pada anaknya. Khawatir jika memotong kuku di malam hari akan terkena kulit dan terluka.

2. Jangan duduk di depan pintu bagi perawan sebab jodohnya akan batal, sebenarnya hanya ingin mengungkapkan larangan jangan duduk di depan pintu sebab menghalangi orang yang akan masuk. Supaya anak tak membantah dan banyak tanya, maka dibuatlah akibatnya yang lebih buruk.

3. Burung gagak pertanda kematian, hal ini sebenarnya bisa dilihat dari segi ilmiah. Seperti diketahui bahwa burung gagak adalah burung pemakan bangkai. Kedatangan burung gagak di daerah yang tak lama kemudian ada orang yang meninggal sebenarnya bisa jadi disebabkan karena memang orang yang 40 hari sebelum meninggal seseorang sudah menjadi mayat dan ketajaman penciuman burung gagak inilah yang bisa dikenali sebagai pertanda alam.

4. Jangan menjahit di malam hari, ini juga sebenarnya bentuk teguran keselamatan dari orang tua kepada anaknya. Menjahit dengan jarum pada malam hari akan rentan tertusuk jari. Terlebih lagi pada zaman dahulu masih sangat jarang yang menggunakan listrik, hanya menggunakan lampu minyak. Resiko tertusuk tentu saja lebih besar sehingga menjahit di malam hari tidak diperbolehkan.

5. Kejatuhan cicak akan sial, mengapa sial? Karena cicak dalam Islam dikenal sebagai binatang jahat yang sudah memberitahukan persembunyian Rasulullah kepada kaum musyrikin. Kejatuhan cicak selain menjijikkany juga terasa buruk efeknya karena binatang tersebut termasuk jenis binatang yang dianjurkan untuk membunuhnya.

6. Tidak boleh mandi malam. Dahulu kala mandi malam terbilang aib dan dianggap sebagai mitos orang tua yang harus dilaksanakan. Tinjauan ilmiahnya, larangan mandi malam ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Resiko mandi malam menyebabkan rematik, badan demam dan sebagainya.

7. Banyak minum bikin gemuk, ini mitos yang sering dikatakan orang tua pada anak-anaknya. Alasannya bisa saja karena tak ingin melihat anaknya sering-sering minta diantar BAK sehingga melarang sang anak untuk banyak minum. Padahal minum tak ada hubungannya dengan gemuk, justru akan membantu sistem pencernaan tubuh menjadi lebih lancar.

8. Bersiul akan menyebabkan datang ular. Mungkin saja para orang tua terdulu menganggap bersiul sebagai tradisi kurang baik, terlebih lagi jika dilakukan oleh kaum wanita. Agar anak-anak langsung menurut dengan perintah orang tuanya, maka cerita yang dikarang adalah jika seseorang bersiul akan menyebabkan ular datang.

Anak gadis dan ibu hamil biasanya paling banyak mitos yang diberikan. Ini mungkin terkait kondisi kehamilan membutuhkan penjagaan kesehatan yang baik sehingga dibuatlah mitos-mitos yang membuat para anak tak bertanya lagi. Termasuk juga anak gadis yang masih membutuhkan pengawasan yang ekstra dari orang tuanya.

Updated: June 8, 2018 — 2:39 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *