5 Mitos Paling Nyleneh Yang Ada Di Indonesia

5 Mitos Paling Nyleneh Yang Ada Di Indonesia
Apakah Anda sering mendengar beberapa larangan jika dilanggar nantinya akan berakibat kesialan atau bahkan bisa terkena kutukan? Di zaman dulu hal tersebut memang menjadi sebuah kepercayaan yang ada di masyarakat. Contohnya saja seperti jangan pernah duduk di depan pintu karena nantinya bisa menghambat jodoh. Dan tentu saja larangan tersebut akan membuat gadis yang mendengar berusaha untuk tidak melanggar serta mematuhinya. Tetapi juga tak jarang untuk generasi sekarang hal tersebut menjadi sebuah cibiran karena jika dipikir secara logika tidak ada hubungannya antara duduk di depan pintu dan juga jodoh, hal tersebut hanyalah mitos dimana merupakan sebuah kepercayaan yang diwariskan turun temurun, dengan demikian banyak yang menganggap jika hal tersebut merupakan sebuah kebenaran. Selain itu juga masih ada banyak lagi mitos yang lain, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:
Menyapu Tidak Bersih Akan Punya Suami Brewokan
Yang pertama adalah jika menyapu tidak bersih, maka nantinya akan mempunyai suami yang brewokan. Untuk anak perempuan yang sudah menginjak usia dewasa tentu saja masih sering mendengar mengenai mitos tersebut pada saat akan menyapu rumah maupun halaman. Hal tersebut tentu saja hanya sebuah mitos belaka, dan jika pada akhirnya gadis tersebut mempunyai pasangan yang brewokan, bisa jadi, pria brewokan tersebut menjadi tipe pria idamannya.

Anak Bermain Sampai Maghrib Diculik Wewe Gombel
Kemudian yang kedua adalah anak kecil yang mana bermain pada saar maghrib, nantinya akan diculik wewe gombel, siapa yang tak takut dengan sesosok wewe gomber, hal tersebut karena sosoknya yang terlihat mengerikan, hantu tersebut kemudian dijadikan sebagai cerita yang digunakan untuk menakuti anak – anak yang mana tidak mau berhenti untuk bermain meskipun sudah larut malam.

Bersiul Malam Hari Setan Akan Datang
Lalu ada juga mitos yang mana bersiul pada malam hari, nantinya setan akan datang. Bersiul sendiri merupakan sebuah kebiasaan dari anak laki – laki dimana pada saat malam hari menjelang tidur biasaya bersiul. Dan pada saat bersiul tersebut seorang ibu akan langsung mengingatkan agar menghentikan kebiasaan tersebut karena nantinya dapat mengundang setan. Namun kenyataannya hal tersebut merupakan sebuah mitos karena alasan yang sesungguhnya adalah sudah larut malam dan suara siulan tersebut terdengar berisik.

Duduk Di Atas Bantal Akan Bisulan
Selanjutnya adalah mitos dimana duduk di atas bantal nantinya akan bisulan, tak ada yang tahu apa alasan tersebut dibuat karena memang pada kenyataannya tidak terdapat hubungan apapun di antara penyakit bisul dan juga bantal yang diduduki. Namun kmungkinan besar mitos tersebut ada karena sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia yang mana sangat menghargai kepala sebagai salah anggota tubuh teratas dan juga menjadi tempat untuk berpikir. Dan bantal sendiri merupakan sebuah benda yang digunakan untuk menyandarkan kepala manusia, sehingga duduk di atas bantal menjadi sebuah hal yang mana dinilai tak sesuai dengan tata krama dan juga kebiasaan dari masyarakat Indonesia.

Tidak Habiskan Makanan Ayam Akan Mati Atau Nasi Menangis
Selain itu ada juga cerita dimana jika tidak menghabiskan makanan, nantinya ayam bisa mati, hal tersebut biasanya diucapkan oleh seorang ibu dimana pada saat makan anaknya tersebut tidak menghabiskan makanan tersebut. Padahal kenyataannya, hal itu merupakan seuah mitos agar nantinya anak tersebut merasa kasihan dengan ayam, kemudian anak tersebut mau untuk menghabiskan makanannya. Selain itu ada pula mitos dimana jika anak tidak menghabiskan makanan, maka nantinya nasinya akan menangis. Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah mitos belaka dimana tujuan dari mitos tersebut adalah membuat anak menghabiskan makanannya.

Updated: July 14, 2018 — 2:39 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *