Cara Memilih Pelapis Jok Untuk Desain Iterior Kendaraan Bernuansa Gelap

Memilih pelapis jok sebetulnya merupakan hal yang gampang-gampang susah. Pasalnya selain harus memperhatikan warna, kualitas bahan yang akan digunakan sebagai pelapis jok juga harus diperhatikan dengan baik. Mengganti pelapis jok dengan tepat visa membuat tampilan interior menjadi lebih elegan. Bagi Anda yang berminat untuk mengganti pelapis, saat ini terdapat banyak pilihan pelapis jok di pasaran.

Pelapis jok di pasaran ini tentu saja beragam, mulai dari buatan lokal hingga jok impor, dari bahan kulit asli ataupun kulit sintetis. Jika Anda sudah menentukan jenis bahan yang akan digunakan untuk pelapis jok interior mobil Anda, selanjutnya Anda harus memperhatikan model yang sesuai dengan keinginan, tekstur, warna ataupun tempat pemasangannya.

Dalam hal pemasangan jok, usahakan agar jok yang dipilih beserta modelnya dilakukan secara permanen alias paten. Ini dilakukan untuk menjaga agar tetap nyaman, rapih dan density jok yang selalu aman. Sedangkan pada metode sarung atau semi paten, bentuk serta tekstur dari jok kurang sangat terlihat keasliannya.

Ade Hikmatullah yang merupakan Promotion Total Synthetic Leather berpendapat bahwa untuk bisa menjaga pemasangan agar selalu rapi dan sesuai dengan kebutuhan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini merupakan hal kecil namun penting untuk diperhatikan agar pemasangan bisa sesuai dengan keinginan Anda. Apalagi sekarang menjelang hari raya, jok Anda harus terlihat lebih fresh.

Memperhatikan Model Jok Mobil yang Anda Inginkan

Ketika akan melakukan pelapisan jok interior mobil, hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah model jok yang diinginkan. Biasanya pihak seat maker akan memberikan beberapa saran untuk model standar jok terlebih dahulu. Bila perlu, dalam desain model jok ini bisa diberikan aksen warna atau jahitan yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Dengan begitu, desain jok baru yang Anda pakai untuk interior mobil tidak akan memberikan kesan yang monoton dan terasa lebih rileks. Anda juga dapat meminta pada density busa yang berkualitas baik agar jok Anda duduki tidak mudah kempes. Usahakan jahitan minimal double stitch sehingga memberikan kesan stylelish dan tetap aman untuk pemakaian dalam jangka panjang.

Jika perlu Anda dapat menambahkan kombinasi bahan lain seperti dotted atau bintik pada bagian tengah jok sehingga sirkulasi dan penguraian udara bisa berjalan dengan baik. Hal ini bisa menjadi alternative untuk mengurangi hawa panas saat duduk lama di mobil. Tidak disarankan untuk membuat model dengan lipatan yang terlalu banyak karena akan sulit dalam melakukan perawatannya.

Mengkombinasikan Warna Jok dengan Tepat

Jika interior mobil lebih gelap, maka disarankan untuk melakukan kombinasi dengan warna yang terang atau disesuaikan dengan warna dashboard. Minimal warna benang yang digunakan pada jahitan disesuaikan dengan warna bodi mobil agar memberikan kesan paduan warna yang harmonis. Jika sudah terpasang jok yang baru, jangan langsung membuang pelapis jok yang asli.

Anda dapat menyimpan pelapis jok yang asli agar sewaktu-waktu bisa dijual. Atau bisa juga jika Anda merasa bosan dengan desain yang baru ini, Anda bisa memakai pelapis jok yang lama. Jangan lupa untuk selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan pelapis jok agar selalu tetap bersih.

Jika kebersihannya selalu dijaga dengan baik, pelapis jok Anda bisa bertahan lebih lama. Apalagi jika pelapis jok tersebut merupakan pelapis jok kesayangan yang desain dan warnanya sudah sangat sesuai dengan interior mobil dan modelnya sudah seusai dengan keinginan Anda. Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat pelapis jok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *