Gaji Mudah Habis? Ada Yang Salah Dalam Pengaturannya!

Memiliki penghasilan yang cukup atau bahkan lebih merupakan impian setiap orang yang hidup di dunia ini. Tak heran jika kemudian ada banyak orang yang rela bekerja banting tulang demi memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut. Semakin lama Anda bekerja tentunya akan semakin besar juga penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

Akan tetapi, hal ini tidak sepenuhnya benar. Ternyata ada orang orang di sekitar kita yang mudah habis gajinya. Saat ditanyai, terkadang mereka sendiri bingung kenapa mereka bisa secepat itu dalam menghabiskan gajinya. Apakah ini disebabkan oleh gaya hidup yang konsumtif? Atau mungkin ada kepentingan mendadak lain yang tidak bisa Anda prediksi?

Sebenarnya hal ini bisa Anda antisipasi jika Anda memang melakukan manajemen gaji dengan baik. Sayangnya tidak semua orang menyadari hal ini dan mereka lebih cenderung untuk melakukan pinjaman sebagai dana tambahan, dibanding memperbaiki kondisi mereka saat ini. Tentu saja ini adalah prinsip yang salah dan harus segera diperbaiki.

 

Tanpa Disadari, Hal-hal Ini Membuat Gaji Cepat Habis

Ada banyak hal yang menjadi pemicu kenapa gaji Anda sangat mudah habis dan bahkan Anda sendiri tidak bisa mengukurnya dengan baik. Salah satunya adalah utang, terlebih untuk utang yang memiliki bunga, terkadang Anda hanya menghitung pokoknya tanpa menghitung bunga. Padahal jika Anda memiliki utang yang berbunga seperti ini, perhitungkan dengan baik berapa estimasi bunga yang harus Anda bayarkan.

Jika Anda tidak memperhitungkannya dengan baik, tentu saja akan terjadi defisit pada penghasilan Anda. Hal ini akan sangat berdampak terhadap kondisi keuangan Anda, sehingga Anda tidak lagi bisa melakukan manajemen kauangan rumah tangga dengan baik. Jika dilakukan terus menerus, kondisi seperti ini bisa membuat Anda mengalami stress.

Hal lain yang juga menjadi penyebab cepat habisnya gaji Anda adalah gaya hidup yang terlalu konsumtif. Pastikan Anda melakukan banyak pertimbangan sebelum membeli sesuatu. Pilihlah yang paling primer dan kesampingkan dulu hal yang bersifat sekunder atau hanya sebagai tambahan. Dengan menjaga kondisi seperti ini, bisa dipastikan kondisi keuangan Anda akan berangsur-angsur pulih.

 

Cara Mengatasi Gaji Yang Mudah Habis

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gaji yang mudah habis. Salah satunya adalah melunasi semua utang yang memiliki bunga. Minimal, lunasilah utang dengan bunga yang paling tinggi dengan tenor yang paling singkat. Hal ini akan membantu pemulihan keuangan dengan lebih cepat. Tak apa Anda merubah gaya hidup beberapa waktu untuk bisa melunasi hutang dengan bunga tinggi tersebut.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan adalah invetasi. Jika Anda memiliki penghasilan berlebih, investasikan penghasilan Anda tersebut pada bidang yang sudah Anda kuasai. Setidaknya investasikanlah pada barang yang mudah untuk dijual atau berpotensi untuk mendatangkan keuntungan seperti misalnya emas, tanah, atau deposito.

Merubah bentuk uang menjadi barang akan menghambat keinginan Anda untuk menghabiskan aset tersebut. Tidak usah langsung besar, sisihkan sekian persen penghasilan Anda untuk merealisasikannya. Lihatlah momen terbaik untuk melakukan investasi tersebut dan jangan ragu untuk melakukannya. Lagipula manfaat dari hal ini akan Anda rasakan untuk diri Anda sendiri, bukan untuk orang lain.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah berbagai, riset membuktikan kalau berbagi bisa menumbuhkan rasa bahagia untuk si pemberi. Semakin Anda sering berbagi, akan semakin bahagia pula hidup Anda. Di sisi lain, hal ini akan membuat Anda lebih sehat dan terhindar dari resiko stres yang bisa menghinggapi Anda kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *