Gila Bekerja Tidak Selalu Baik Bagi Kehidupan, Berikut Alasannya

Kebutuhan hidup yang tidak berhenti, membuat manusia terus menghabiskan waktunya untuk bekerja. Tidak sedikit dari mereka yang memiliki jiwa pribadi gila kerja alias workaholic. Kegiatan yang paling bersahabat dengan si workaholic ialah lembur. Mau itu lembur di kantor, atau lembur di rumah sekalipun bagi mereka itu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan.

Sekilas, hal itu terdengar hebat dan tidak jarang, hasil kerjanya itu setimpal dengan posisi mereka di kantor. Namun, apakah Anda tahu? Jika sebenarnya terlalu banyak bekerja tidak selalu baik bagi diri dan kesehatan? Berikut beberapa alasan mengapa terlalu banyak bekerja kurang baik bagi kesehatan bahkan berakibat buruk bagi kesehatan.

 

Bekerja Lembur Bisa Mengurangi Produktivitas

Mungkin Anda tidak akan percaya dengan hal yang satu ini. Bagaimana bisa bekerja lembur menjadi penyebab berkurangnya produktivitas? Pada umunya orang-orang akan berpikiran jika semakin banyak waktu yang digunakan untuk bekerja, maka semakin banyak pekerjaan yang dapat terselesaikan. Buang jauh-jauh pemikiran tersebut!

Karena, faktanya justru menjadi sebaliknya. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang digunakan untuk bekerja, justru semakin sedikit produktif yang mereka dapatkan. Maka dari itu, jangan memforsil seluruh waktu Anda untuk bekerja. Cobalah untuk menghibur diri Anda sendiri dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

 

Berusaha Terlalu Keras Bisa Berbahaya Bagi Kondisi Mental

Keinginan untuk menjadi yang terbaik, atau keinginan untuk segera mencapai target membuat seseorang akan berusaha lebih keras dari sebelumnya. Wajar saja, target yang telah ditetapkan bisa menjadi sebuah pemacu semangat yang sangat baik, sehingga membuat seseorang rela menghabiskan waktunya untuk terus berusaha lebih keras hingga targetnya terpenuhi.

Perlu Anda ketahui jika bekerja lembuh adalah kontraproduktif, sehingga dengan berusaha terlalu keras Anda akan mengalami penurunan kinerja. Pada situasi selanjutnya, hal ini akan mulai mempengaruhi diri juga kesehatan mental Anda, karena bisa saja Anda merasa stres. Dengan kondisi seperti ini kinerja Anda bisa menjadi lebih buruk.

 

Anda Tidak Akan Dibayar Lebih

Kebanyakan orang berpikir jika bekerja lembur, maka akan mendapat bayaran ekstra. Kenyataannya tidak begitu, Anda harus menyadari bahwa mungkin sebenarnya Anda justru mendapatkan upah yang sedikit dan lebih rendah dari biasanya. Intensif finansial yang Anda harapkan tidak akan sesuai dengan apa yang Anda harapkan karena kerja lembur Anda.

Karena, dengan Anda bekerja lebih lama di kantor, Anda akan menghabiskan dana lebih besar. Dana ini dikeluarka untuk memenuhi kebutuhan Anda selama bekerja. Seperti, makan, membayar tempat parkir, membayar pengasuh bayi dan lainnya. Anda juga bisa membayar sewa rumah dengan sia-sia karena Anda jarang berada di rumah.

 

Kehidupan Pribadi yang Menderita

Dengan bekerja lembur, Anda akan kehilangan banyak waktu untuk diri Anda sendiri. Bekerja dengan beberapa jam lembur di setiap harinya akan membuat standar kehidupan yang salah bagi diri Anda. Hal ini bisa membuat Anda mengabaikan lingkungan sekitar yang seharusnya paling dekat dengan dengan pribadi karena Anda sibuk bekerja.

Anda akan kehilangan waktu bersama keluarga, teman, orang penting, waktu untuk melakukan perawatan diri, dan menjaga kesehatan. Akan sangat penting bagi siapapun untuk bisa mengatur waktunya agar tidak kehilangan waktu untuk menjalai rutinitas harian di sela-sela waktu bekerja. Maka dari itu, hilangkanlah perasaan jika bekerja lembur membuat Anda terlihat super dan akan mendapatkan untung besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *