Kemajuan Teknologi Kamera 108MP! Dikabarkan akan Rilis Tahun Depan

Kabar terbaru menyebutkan kamera dengan 108MP hadir ditahun yang akan datang. Bagian kamera yang sangat mengagumkan ini diungkapkan oleh seorang tipster yang bernama Ice Universe. “Ngomong-ngomong, tahun depan kamu akan melihanya di ponselmu: kamera 10x optical zoom dan kamera 108MP”. Tulisnya melalui akun twitter miliknya.

Kamera dengan angka 108 MP tentu terdengar sangat asing ditelinga pada saat ini. Apalagi kenyataan bahwa yang menyebutkan ungkapan tersebut hanyalah seorang tipster. Namun hal ini juga diperkuat dengan prediksi dari sumber lain. Salah satunya prediksi dari Qualcomm dan Credit Suisse yang menerangkan beberapa hal.

Dimulai dari Qualcomm, dalam sebuah kesempatan Judd Heape seroang Senior Director of Product Management Qualcomm, mengungkapkan bahwa smartphone dengan resolusi antara 64 MP sampai lebih dari 100 MP akan muncul di akhir tahun ini, terangnya.

Selain itu, berbagai chipset asal Qualcomm, atau yang dikenal dengan Snapdragon ini mampu mendukung resolusi kamera mencapai 192 MP. Dalam hal ini prosesor yang dimaksudkan adalah seri 660, 670, 675, 710, 845, dan yang terakhir 855. Hal ini diungkapkannya bulan maret lalu. Sehingga kemungkinan akan muncul seri terbaru yaitu 855 plus.

Datang dari sumber lain, Credit Suisse seorang Perbankan asal Swiss ini juga memprediksi hal yang serupa.  Jika Ice Universe mengungkapkannya melalui akun twitter miliknya, maka Suisse mengungkapkan argumennya melalui laporannya. Ia menyebutkan bahwa akan muncul smartphone dengan resolusi 64 Mp di semester II tahun 2019.

 

Didukung Oleh Perkembangan Tren

Jika dilihat dari kacamata perkembangan zaman, prediksi dari ketiga sumber tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengingat banyaknya generasi milenial yang selalu ingin tampil eksis dan trendi, menjadi salah satu faktor utama. Tidak menutup kemungkinan bahwa dimasa yang akan datang kamera dengan resolusi antara 64 sampai 100 MP akan hadir.

Pada tahun ini, para pemilik vendor masing-masing sedang berlomba-lomba untuk mencari alternatif notch. Bahkan ada beberapa yang menghilangkannya sehingga tidak ada sama sekali di layar. Perlombaan juga terjadi pada sektor kamera, kini kamera tertinggi yang wajib dimiliki harus mencapai 48 MP.

Dalam hal ini perusahaan asal negri Tiongkok mengambil peran yang cukup besar. Mulai dari Huawei, Honor, Oppo, Vivo, Nubia, dan Xiomi tidak ketinggalan memiliki sektor kamera mencapai 48 MP. Selain itu vendor lain juga tak mau ketinggalan seperti Asus lewat Asus Zenfone 6 miliknya, dan Samsung melalui Galaxy A80 miliknya.

 

Rencana Resolusi Kamera Selanjutnya

Informasi terus berdatangan dari berbagai vendor, masing-masing selalu ingin bersaing dan menunjukkan kebolehannya. Misalnya Samsung yang baru-baru ini merilis kelahiran ISOCELL Bright GW1 yang memiliki sensor kamera mencapai 64 MP. Disusul oleh Redmi yang kabarnya juga menggarap sensor kamera dengan resolusi serupa.

Kemudian sempat terdengar kabar pula bahwa Realme memiliki kamera dengan kualitas 64 MP, kabarnya akan diluncurkan pada kuartal ke-empat tahun 2019. Jika yang lain fokus pada bagian kamera, Huawei dan Oppo tertarik memperbaiki kemampuan zoom pada ponsel. Mereka berdua mengusung kamera periskop yang dituangkan dalam Huawei P30 dan Oppo Reno 10x zoom.

Disusul oleh vendor asal Korea Selatan juga bakal merilis smartphone dengan kemampuan yang serupa. Kabarnya akan diaplikasikan pada Samsung Galaxy note 10 mendatang. Lalu disusul oleh Xiomi yang katanya sedang menggarapnya juga. Bagaimana tampilannya nanti? Kita tunggu sampai resmi dipasarkan secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *