Sehari Jelang Puasa Ramadhan, Pengunjung Padati Pasar Tanah Abang

Tak terasa bulan Ramadhan telah berada di depan mata. Itu artinya lebaran pun tak lama lagi akan datang. Telah menjadi tradisi masyarakat muslim khususnya Indonesia, menjelang puasa dan moment lebaran, masyarakat berbondong-bondong membeli baju baru yang akan dikenakan pada moment idul fitri ini. Moment ini seperti yang terlihat di Pasar Tanah Abang, dimana pengunjung semakin membludak sehari menjelang puasa.

Pengunjung yang didominasi ibu-ibu ini tumpah ruah memenuhi toko-toko baju hingga pedagang-pedagang yang berjualan di pinggir jalan demi mendapatkan baju incaran yang mereka inginkan. Salah seorang pengunjung mengungkapkan alasannya berbelanja di Pasar Tanah Abang adalah karena pilihannya yang cukup banyak dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jika harus membeli di mall atau pasar lainnya.

 

Baju Gamis dan Koko Menjadi Incaran Utama Pengunjung

Rata-rata pengujung yang datang ke Pasar Tanah Abang menjelang moment puasa dan lebaran ini adalah untuk berburu perlengkapan lebaran. Barang yang paling banyak dicari adalah baju gamis dan baju koko model terbaru yang akan mereka pakai pada moment idul fitri mendatang. Hal ini memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk memakai baju baru untuk merayakan hari kemenangan tersebut.

Selain baju, tak sedikit pengunjung yang juga berburu perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung dan juga sajadah. Barang-barang ini biasa akan digunakan untuk persiapan menjalankan ibadah sholat tarawih yang hanya berlangsung selama bulan puasa dalam setahun. Itulah kenapa bulan ini sangat diistimewakan dan semua orang bersuka cita menyambut kedatangannya.

 

Pedagang Mengalami Kenaikan Omset Sebesar 50 Persen

Menjelang moment puasa dan idul fitri memang menjadi berkah tersendiri untuk para pedagang baju khususnya yang berada di Pasar Tanah Abang. Pada moment tersebut, bisa dipastikan pengunjung akan membludak dimulai dari sebelum puasa sampai menjelang lebaran. Umumnya pengunjung akan mencari perlengkapan ibadah dan pastinya pakaian untuk merayakan hari Raya Idul Fitri.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Tanah Abang, Reno, ia mengungkapkan selama menjelang bulan Ramadhan ini, omsetnya telah naik sebesar 50 persen. “Kita udah naik sekitar 50 persen sih,” ujar Reno. Kenaikan omset terjadi karena meningkatnya permintaan baju gamis dan baju koko menjelang hari Raya Idul Fitri.

 

Pengunjung Harus Tetap Waspada dengan Barang Bawaan Mereka

Kondisi Pasar Tanah Abang yang sangat ramai menjelang datangnya bulan Ramadhan, berpotensi juga mengalami peningkatan kasus kriminalitas seperti pencambretan dan pencurian. Kondisi pasar yang sesak oleh pengunjung menjadi sasaran empuk orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan tindakan terlarang tersebut. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah anda harus selalu waspada dan menjaga barang bawaan anda dengan benar.

Untuk mengantisipasi kejahatan di tempat umum seperti di Pasar Tanah Abang, anda bisa melakukan hal-hal simple yang bisa anda lakukan sendiri. Salah satu yang paling penting adalah selalu meletakkan tas dan barang berharga anda di bagian depan tubuh anda sehingga mudah untuk diawasi dan dijaga. Anda bisa meletakkan barang-barang berharga seperti hp dan dompet pada satu tas dan meletakkan di depan anda.

Selain itu, anda juga harus menghindari memakai barang-barang yang mencolok yang bisa mengundang seseorang untuk melakukan kejahatan terhadap anda. Yang paling penting dari itu semua anda harus selalu waspada terhadap sekitar. Jangan sampai anda terlalu asik berbelanja hingga tak menghiraukan sekitar yang bisa mengakibatkan kerugian untuk anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *