Ternyata Liburan Baik Untuk Kesehatan Jantung Serta Perkembangan Mental

Sudah bukan menjadi rahasia jika berlibur merupakan cara efektif untuk menghindari stres pada mental. Namun tahukah Anda jika berlibur juga baik untuk kesehatan jantung? Di artikel ini kita akan membahas tentang liburan yang baik untuk perkembangan mental dan ternyata liburan juga akan berdampak pada kesehatan jantung.

Memang sebenarnya liburan adalah hal yang sangat disukai banyak orang. Kita bisa bersantai, menikmati hidup serta melupakan sejenak tentang kesibukan yang dilalui sepanjang hari. Namun tidak banyak yang tahu tentang manfaat libur serta liburan ke mana yang akan memberikan dampak positif kepada tubuh atau mental. Berikut ini pembahasaannya untuk Anda:

 

Studi Menyatakan Jika Jarang Berlibur Dapat Picu Penyakit Jantung

Ada satu penelitian dari Syracuse University di Amerika Serikat (AS) menyatakan jika berlibur memberi banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya ialah bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Itu karena liburan bisa memicu penurunan terhadap risiko gejala metabolisme atau sindrom metabolik. Itulah mengapa kita tetap harus berlibur dari kesibukan yang dilalui setiap harinya.

Sindrom metabolik merupakan kumpulan faktor risiko dari penyakit jantung. Jadi apabila Anda jarang berlibur, akan ada risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Bryce Hruska selaku asisten profesor Universitas Syracuse pada Kamis (27/6) mengatakan bahwa, mereka menemukan orang yang lebih sering berlibur dalam 12 bulan terakhir mempunyai risiko lebih rendah terhadap sindrom metabolic.

Penelitian ini menguatkan jika berlibur begitu penting untuk semua orang. Berlibur tidaklah harus diartikan dengan pergi ke luar negeri, bermain di pantai, ataupun mengunjungi destinasi yang mahal. Karena pengertian dari berlibur adalah membuat perasaan seseorang menjadi senang dan juga nyaman. Untuk itu, sederhanya dengan menonton atrkasi juga termasuk dari katagori liburan.

Walaupun begitu, para peneliti masih mempelajari liburan apa saja yang paling bermanfaat untuk kesehata. Akan tetapi yang jelas ialah setiap orang dapat menggunakan waktu liburan yang mereka miliki dengan baik. Jadi sekiranya Anda adalah orang yang sibuk tetap wajib meluangkan sedikit waktu untuk menikmati liburan.

 

Liburan ke Alam Terbuka Baik Untuk Kesehatan Mental

Sudahkah Anda membuat list destinasi liburan dengan keluarga untuk libur sekolah tahun ini? Jika belum, Anda bisa memperhitungkan lokasi yang berupa alam terbuka serta dikelilingi banyak tumbuhan. Sebab, studi terbaru menyatakan jika berkunjung ke alam bebas bisa berpengaruh pada perkembangan emosional serta kesehatan terkhususnya untuk anak-anak.

Studi ini adalah salah satu bukti jika ada hubungan antara kontak terhadap alam dengan kesehatan mental pada seseorang. Studi yang diumumkan di jurnal International Journal of Environment Research and Public Health ini didapatkan dengan menganalisis data responden dari 3.600 orang dewasa yang tersebar di banyak kota di Eropa seperti di Barcelona, Doetinchem, Kaunas serta  Stoke-on-Trent.

Kesehatan mental para responden diamati melalui tingkat kecemasan serta frekuensi kemunculan perasaan depresi pada kurun waktu empat minggu terakhir. Selain itu, tingkat energi serta keletihan mereka melalui serangkaian tes. Begitupun terhadap kondisi ruang terbuka hijau di sekeliling area tempat tinggal mereka diamati melalui citra satelit.

Hasil yang didapat dari studi ini menunjukkan jika orang dewasa yang jarang menghabiskan waktu pada masa kecilnya di alam yang bebas, mempunyai skor yang rendah pada tes dalam uji kesehatan mental. Untuk itulah mengapa Anda perlu berlibur kea lam terbuka agar Anda tidak mengalami depresi dengan tekanan pekerjaan ataupun hal lain yang dapat memicu stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *