Fakta dan Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Sayur memang menjadi salah satu makanan yang dibutuhkan oleh manusia. Kandungan vitamin dan mineralnya membuat sayuran seperti kangkung bisa mencukupi kebutuhan gizi jika Anda mengkonsumsinya. Bagi Anda yang sedang menjalani diet atau pola hidup dan pola makan sehat, makan sayuran tentu merupakan salah satu menu utama yang wajib ada.

Kangkung yang merupakan salah satu jenis sayuran merupakan bahan alami yang di dalamnya memiliki banyak sekali kandungan menyehatkan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan dari kangkung terdiri diri vitamin A, vitamin C, serta protein yang sangat tinggi. Walaupun begitu ada beberapa mitos yang muncul seputar kangkung yang masih saja dianggap benar oleh sebagian masyarakat.

Mitos-mitos ini beredar begitu saja. Bahkan hingga saat ini mitos kangkung itu masih terus ada. Salah satu mitos kangkung yang paling populer ialah bisa menyebabkan kantuk. Apakah benar, kangkung bisa menyebabkan kantuk? Mitos yang satu ini, memang banyak sekali beredar tanpa diketahui keberannya. Ternyata hal tersebut bukan sebuah mitos saja. Kangkung memiliki zat kalium. Makanan yang mengandung kalium tinggi dapat memberikan efek kantuk karena megurangi tekanan darah. Namun, jika dimakan sewajarnya kangkung tidak akan memberikan efek kantuk.

 

Keberadaan Sayur Kangkung di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat (AS) terutama di Negara bagian Texas, kangkung dianggap sebagai tanaman terlarang. Bahkan di sana, sejak tahun 1990 tanaman kangkung telah masuk dalam kategori Ikan Eksotis, Kerang, dan Tumbuhan Akuatik yang berbahaya atau berpotensi bahaya. Kangkung juga termasuk dalam daftar gulma di Departemen Pertanian di Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat pernah terjadi sebuah peristiwa kurang menyenangkan, bahkan sama sekali tidak mengenakkan. Kejadian ini yaitu terjadinya keracunan pada saat memakan kangkung. Kasus ini terjadi beberapa kali. Sebab itu, di sana peredaran kangkung diatur dengan sangat ketat. Departemen tersebut juga melarang terjadinya transaksi distribusi jual-beli kangkung di AS.

 

Manfaat Sayuran Kangkung untuk Kesehatan

Banyak sekali mitos yang beredar bahwa kangkung dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan sakit perut. Mungkin Anda salah satu orang yang mempercayai mitos ini. Padahal, jika pengelolaannya benar, kangkung ini tidak akan menyebabkan sakit perut. Kangkung justru bisa memberikan manfaat yang tinggi bagi pencernaan karena dalam kangkung terkandungan serat yang cukup tinggi.

  1. Manfaat Kangkung Bisa Menurunkan Kolestrol dan Mencegah Kanker

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kangkung bisa menurunkan tingkat kolestrol dalam tubuh. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kolestrol dengan tingkat yang tinggi, makanan ini cocok untuk Anda konsumsi. Kandungan lainnya yang terdapat dalam kangkung ialah mengandung 13 jenis senyawa antioksidan yang berguna untuk melawan sel kanker dalam tubuh.

  1. Mencegah Sariawan

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam kangkung bisa membantu mencegah penyakit sariawan, hingga gusi yang berdarah. Anda hanya perlu mengunyah daun kangkung yang telah dibersihkan sebelumnya. Daun kangkung juga mengandung antiseptic alami yang bisa digunakan untuk membunuh kuman yang ada pada gigi dan mulut Anda.

Mitos seringkali beredar begitu saja tanpa diketahui siapa dalangnya. Salah satunya ialah mitos yang menjerat kangkung ini. Berbagai mitos tentang kangkung muncul dan dipercayai oleh masyarakat. Untuk memastikan mitos tersebut maka perlu dilakukan penelitian ilmiah. Pintarlah dalam menerima informasi apapun. Demikianlah pembahasan seputar manfaat  Sayuran kangkung yang dapat kami sampaikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *