Teknologi Semakin Maju, Begini Cara Pengobatan Kanker Otak Sekarang

Berita terbaru bulan ini datang aktor sekaligus penyanyi Agung Hercules yang divonis menderita kanker otak. Menurut Dr. dr. Made Agus M Inggas, Sp.BS selaku Ketua Departemen Bedah Saraf MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta, bahwa angka harapan hidup ataupun kesintasan (survival rate) pasien kanker otak sekarang ini semakin baik.

Dr Made menjelaskan jika perkembangan teknologi sekarang ini semakin maju, termasuk di Indonesia sendiri. Pengobatan di Indonesia sebetulnya sama dengan standar yang berlaku secara internasional. Angka survival di Indonesia sama dengan pusat-pusat kanker lain, karena kita punya modalitas yang sama dengan apa yang ada di negara lainnya.

 

Teknik Pengobatan Kanker Otak Sekarang

Standar pengobatan kanker otak yaitu dengan cara operasi, radiasi serta kemoterapi. Setelah kanker diambil yang kemudian diketahui jenisnya, tahap lanjutan ialah dilakukan radioterapi untuk membersihkan sel kanker yang barangkali masih tertinggal. Setelah hal itu barulah dilakukan kemoterapi. Untuk kanker otak kemoterapinya sedikit berbeda dengan kanker yang lain.

Obatnya bukanlah cairan yang diinfus akan tetapi berupa pil. Dr Made menjelaskan lebih lanjut, bahwa sampai sekarang ini obatnya hanya satu, yaitu temozolamide. Itu merupakan terapi standar untuk glioblastoma yang telah diterima secara internasional. Temozolamide itu akan diberikan dalam enam seri. Jadi pengobatan terapi memang berbeda dengan kanker lain.

Secara medis, pasien dapat dikatan sembuh jika tidak lagi merasakan gejala, yaitu kankernya terkontrol dengan baik, serta kondisinya yang stabil. Itu telah dianggap sembuh, walaupun kanker tidak bisa dikatakan sepenuhnya hilang. Artinya kanker itu masih bisa saja datang kembali dengan sebab atau faktor lain yang memicunya.

Sesudah menjalani enam seri kemoterapi itu, dilakukanlah evaluasi dengan MRI kepala. Dimana selanjutnya, monitoring MRI tiga bulan kemudian serta diulang tiga bulan pada tahap selanjutnya. Jika hasil yang didapat baik, MRI dilakukan pada enam bulan kemudian dan akan diulang lagi enam bulan selanjutnya. Dan jika hasilnya baik, maka MRI cukup setahun sekali saja, dan diulang tiap tahun.

 

Cara Sederhana Mencegah Kanker Otak yang Perlu Diperhatikan

Untuk mencegah kanker otak Anda bisa membatasi Radiasi. Radiasi diklaim merupakan salah satu faktor utama yang memicu kemunculan kanker otak. Karena itulah, Anda dapat melakukan pencegahan kanker otak dengan membatasi diri dari radiasi langsung yang berlebihan. Anda dapat memakai handsfree jika kegiatan Anda harus menggunakan ponsel.

Lalu cara kedua ialah mencukupi istirahat dan hindari stres. Anda perlu memiliki waktu ataupun jumlah istirahat yang baik. Mendapatkan jumlah istirahat yang cukup dpat menjauhkan Anda dari stres. Stres berat yang menyerang secara berkepanjangan merupakan salah satu penyebab pemicu kanker otak. Anda dapat melakukan refreshing yang bisa mengurangi serta menghilangkan stres.

Jaga pola makan sehat anda, selain mengurangi radiasi langsung yang diterima tubuh, Anda pun harus menerapkan pola makan yang sehat dengan asupan gizi yang seimbang. Misalnya dengan memamkan buah-buahan, sayur-sayuran ataupun biji-biji. Anda harus membatasi diri dengan tidak mengonsumsi banyak lemak serta mengurangi makanan yang diasap ataupun dibakar.

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara teratur. Untuk Anda yang memiliki riwayat keluarga yang juga mengidap kanker otak, ada baiknya Anda melakukan cek kesehatan secara teratur. Jika Anda berada dalam kondisi yang demikian ini, Anda juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan. Jadi secara umum cara mencegah gejala kanker ialah dengan membiasakan diri untuk hidup lebih sehat lagi ya. Semoga artikel ini bermanfaat!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *