5 Tips Jitu Menjaga Mobil Tidak Terbakar Saat Mudik

Siapa yang tak ingin mudik saat lebaran? Rata-rata orang bahkan hampir setiap orang pasti menginginkan yang namanya mudik. Mudik merupakan momen yang sangat dinantikan, karena saat fenomena ini ada, menjadi sebuah kesempatan emas mereka untuk bisa berkumpul dengan orang tersayang dan beristirahat dari aktivitas sehari-harinya.

Mobil terbakar saat mudik memang jarang terjadi. Namun, tidak ada salahnya untuk selalu waspada agar hal ini terhindar. Mobil yang terbakar merupakan hal yang sangat harus diwaspadai oleh sang pemilikinya. Karena teryata penyebab mobil kebakaran ini bukan hanya korsleting arus listrik pada mobil saja, namun juga ada penyebab lainnya yang harus Anda ketahui.

Untuk bisa terhindar dari mobil terbakar saat mudik, maka ada baiknya Anda mengetahui beberapa factor yang bisa menyebabkan mobil terbakar. Mobil yang terbakar tiba-tiba saat dalam perjalanan, akan membahayakan Anda bersama penumpang lainnya. Niat mudik ke kampung halaman pun bisa jadi terhambat. Untuk itu, mari ketahui beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kebakaran pada mobil.

Tips Pertama: Menghindari Parkir Mobil Dekat Sumber Api

Memarkirkan mobil nampaknya sah-sah saja selama di sana tidak terdapat plang “Dilarang Parkir”. Padahal ternyata, ketika memarkirkan sebuah mobil, bukan hanaya plang itu saja yang harus diperhatikan. Ketika Anda akan memarkirkan mobil, liatlah situasi dan kondisi tempat parkir yang akan Anda gunakan. Jangan sampai ada sumber api di dekat sana.

Hindari parkir pada tempat yang memiliki potensi untuk memancing timbulnya api. Misalnya dekat dengan bak sampah, apalagi jika bak sampahnya baru selesai dibkar. Mesin mobil yang masih panas jika dekat dengan bakaran seperti itu dapat memicu timbulnya percikan api. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak memarkirkan mobil dekat dengan sumber api.

Tips Kedua: Hindari Menyimpan Barang Rentan Terbakar dalam Mobil

Barang-barang yang dibawa saat mudik biasanya sangat banyak. Bukan hanya barang-barang pribadi saja, biasanya dibawa juga berbagai jenis cemilan dan makanan khas untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman. Bahkan ada juga yang membawa baju baru, sandal baru dan pernak-pernik lainnya. Barang-barang ini tentunya akan tertumpuk dengan sempurna dalam mobil sehingga mobil menjadi penuh dengan barang-barang tersebut.

Untuk bisa menghindari kebakaran dalam perjalanan yang dapat menyergap Anda kapan dan dimana saja, ada baiknya Anda menghindari menyimpan barang yang mudah terbakar dalam mobil. Barang ini seperti tinner, bensin, parfu, cair dan korek api gas. Barang-barang tersebut mengandung bahan aktif yang bisa memicu kedatangan api.

Tips Ketiga: Hindari Meletakkan Barang Mudah terbakar di Mesin

Telitilah ketika Anda sedang mengelap dan membersihkan ruang mesin mobil. Jangan sampai meninggalkan kain yang barusan Anda gunakan oleh sparepart dengan sembarangan. Jika benda tersebut terkena oleh panasnya mesin mobil dapat menimbulkan kebakaran. Namun hal ini jarang sekali disadari dan biasanya dianggap remah oleh masyarakat.

Tips Keempat: Modifikasi Mobil

Para pria biasanya senang untuk mengotak-atik barang otomotifnya. Barang tersebut salah satunya ialah mobil. Mereka biasanya senang memodifikasi kendaraannya agar nampak lebih fresh dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jika Anda termasuk orang senang memodifikasi mobil, ada baiknya jika Anda memperhitungkannya dengan benar. Apalagi jika berhbungan dengan sistem kelistrikan.

Tips Kelima: Oli Mesin

Hal terakhir yang dapat memicu kebakaran pada mobil secara tiba-riba ialah kondisi oli mesin. Jika terdapat oli menetes, Anda jangan mengabaikan hal tersebut. Tetesan oli ini bisa menjadi terbakar jika mengenai bagian yang panas seperti pipa knalpot. Oli yang yang tidak rutin diganti sesuai dengan ketentuan, dapat menyebabkan senyawa dalam oli berubah sesuai dengan ketentuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *