Demi Keselamatan Berkendara, Lakukan Hal Ini Sebelum Naik Motor

Ketika sedang berkendara, keselamatan sudah pasti merupakan nomor satu dibandingkan yang lain. Berbagai faktor harus diperhatikan untuk bisa selamat sampai tujuan. Bukan hanya persoalan kemampuan saja, namun kondisi dari sepeda motor yang akan digunakan pun tentu harus Anda perhatikan. Maka dari itu, penting untuk Anda mempersiapkan segalanya dengan baik sebelum pergi berkendara.

Kemampuan berkendara yang telah mumpuni seringkali membuat hati sombong dan merasa tidak akan terjadi apa-apa saat berkendara. Padahal kenyataannya di jalanan yang terjadi kecelakaan itu bukan hanya pengendara yang masih belajar saja, melainkan pengendara yang telah mahir pun masih bisa mengalami kecelakaan. Hal ini menunjukkan, bahwa keahlian berkendara bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan.

Mengecek Keadaan Sepeda Motor Sebelum Berkendara

Meskipun Anda memiliki kemampuan berkendara sepeda motor yang telah menyaingi Rosi, semua itu akan sia-sia jika sepeda motor yang Anda gunakan tidak memadai. Anda harus memastikan sepeda motor yang akan Anda gunakan pasti aman dan tidak ada kekurangan satu hal pun. Hal ini penting untuk memastikan keselamatan Anda berkendara.

Pengecekkan motor bisa dilakukan dengan mulai mengecek kadar angin dalam ban, keadaan mesin, gas motor, keadaan rem, lampu sen, lampu jalan, dan oli. Setelah semuanya dipastikan dalam keadaan baik, barulah Anda bisa dipastikan lebih aman ketika berkendara. Namun, jika ada salah satu diantara komponen sepeda motor yang kurang beres, maka Anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu.

Menggunakan Helm Saat Berkendara

Rata-rata pengendara motor hanya menggunakan helm ketika ada polisi saja, benar? Padahal fungsi utama helm ini bukan sebagai pelindung diri dari tilangan polisi, melainkan untuk melindungi kepala dari benturan yang mungkin terjadi ketika kecelakaan. Sayangnya, di Indonesia pengendara menggunakan helm hanya sekadar formalitas saja untuk tidak didenda polisi.

Adapun memakai helm, biasanya di bawah standar keamanan. Apalagi saat baru selesai merapihkan rambut atau kerudung kemudian harus memakai helm, biasanya helm akan asal nempel saja dengan tujuan agar riasan rambut atau kerudung masih baik. Padahal, kalau sudah jatuh kena aspal bukan hanya riasan rambut/kerudung yang rusak, wajah yang rupawan pun bisa ikutan rusak.

Memakai Perlengkapan Berkendara Dengan Lengkap

Selain helm, perlengkapan lainnya yang harus Anda kenakan ketika berkendara ialah jaket. Jaket biasanya memiliki permukaan yang lebih tebal dari baju lainnya. Jaket ini berguna untuk melindungi Anda dari angin yang siap menyerang kapanpun ketika berkendara. Selain itu jaket ini juga berguna untuk melindungi Anda apabila terjatuh saat berkendara.

Bukan jaket saja, Anda juga dianjurkan untuk memakai sarung tangan. Ini berguna untuk melindungi tangan Anda, dari goresan saat terjatuh atau dari sengatan sinar matahari. Sepatu, juga bagian dari komponen safety riding yang harus Anda gunakan. Jangan lupa untuk selalu berkendara dengan memakai celana panjang. Jangan sampai pengendara lain salah fokus dengan celana pendek Anda.

Mematuhi Aturan Lalu Lintas dan Hati-hati

Sebelum berangkat berkendara, Anda harus menjadi seorang polisi bagi diri Anda sendiri. Maksudnya ialah, Anda harus bersikap tegas pada diri sendiri agar mau mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Pastikan agar Anda tidak melanggar aturan lalu lintas apapun nanti saat berkendara. Karena hal ini pun berkaitan erat dengan keselamatan berkendara terhadap diri dan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *