Ini Langkah Terbaik Dalam Pemilihan Oli Terbaik Untuk Motor Matik

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sepeda motor memiliki teknologi dan fitur yang telah canggih. Namun, kenyataannya kendaraan roda dua ini masih tetap membutuhkan perawatan, apalagi dalam persoalan pemilihan oli yang akan digunakan. Pada dasarnya oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen di dalam mesin, agar terhindar dari gesekan yang terjadi selama mesin bekerja.

Selain itu, dengan pemilihan oli yang benar mesin juga akan lebih awet. Hal ini dikarenakan oli memiliki bahan khusus, sehingga mampu untuk mencegah benturan yang mungkin terjadi antara lpgam yang ada pada mesin. Semua jenis kendaraan bermotor yang masih menggunakan mesin konvensional tentu saja masih tetap memerlukan oli mesin.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli oli, Anda harus tahu jenis oli apa yang akan cocok digunakan pada kendaraan Anda. Jika Anda menggunakan motor matik, ada beberapa formulasi juga spesifikasi pada oli yang sebenarnya telah disesuaikan dengan aktifitas penggunaan dan jenis kendaraan. Berikut ini, merupakan panduan dalam memilih oli untuk motor matik sesuai kebutuhan.

Sesuaikan dengan Rutinitas Sehari-hari

Rutinitas yang dilakukan oleh setiap orang tentu akan berbeda satu dengan yang lainnya, begitupun dengan penggunaan kendaraan. Ada yang menggunakan kendaraan untuk hanya sekadar ke warung, untuk bekerja, bermain, liburan dan masih banyak kegiatan lainnya yang sering mengandalkan kendaraan. Kendaraan yang banyak digunakan ialah motor matik.

Jika Anda merupakan pengguna kendaraan yang sering melalui jalur padat dan macet sehingga motor sering berhenti, akan lebih baik jika Anda menggunakan oli yang memiliki zat aditif. Dengan menggunakan pelumas yang memiliki zat aditif, kemungkinan mesin motor yang akan memanas bisa lebih diminimalisir dan berkurang.

Menyesuaikan Kekentalan Oli

Kekentalan yang dimiliki oleh sebuah oli sering kali dianggap remeh. Padahal, kekentalan oli ini tetap memiliki peran yang penting dalam melumasi mesin motor. Kekentalan pelumas mesin motor matik akan berbeda dengan jenis motor atau bahkan jenis motor sport. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik motor matik perlu untuk memilih jenis oli dengan kekentalan yang tepat.

Sebagai pengendara atau pemilik sebuah motor matic, Anda lebih disarankan untuk mencari oli mesin dengan kekentalan API SL yang merupakan standart amerika petroleum institute yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari sepeda motor matik. Dengan informasi ini, Anda telah tahu bahwa kekentalan oli juga berperan penting untuk kinerja motor matik.

Pilihlah Oli dengan Kualitas Baik

Dengan memilih oli yang memiliki sertifikat API dan JASO, tandanya Anda telah memilih oli dengan jenis yang tepat. Hal ini karena dengan adanya sertifikat API, membuktikan bahwa oli tersebut telah diuji oleh American Petroleum Institute dan telah banyak dipakai di Eropa. Uji tersebut tentu saja merupakan uji yang telah terpercaya.

Sedangkan, untuk sertifikat JASO sendiri merupakan sebuah bukti yang membuktikan oli tersebut telah di cek kualitasnya oleh Japanese Automotive Standar Association dan ini ini telah banyak di pakai di Jepang. Dengan begitu, kualitas yang akan diberikan oleh oli tersebut tidak diragukan lagi dan Anda bisa memilih jenis oli tersebut.

Memilih jenis oli untuk kendaraan matik memang gampang-gampang susah. Hal ini karena pengetahuan setiap orang mengenai kebutuhan oli untuk kendaraan matik berbeda-beda. Setelah dibahas beberapa tips untuk memilih oli motor matik di atas, diharapkan Anda bisa memiliki wawasan lebih luas mengenai oli yang cocok untuk kendaraan matik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *