Sambut Hari Kartini, NonaRia Rilis Lagu Baru “Jadi Wanita”

Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April menjadi salah satu moment bersejarah bagi rakyat Indonesia. Hari itu didedikasikan untuk memperingati perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum wanita sehingga bisa sejajar dengan kaum pria. Beragam kegiatan kerap dilakukan sebagai tanda cinta dan penghormatan terhadap RA Kartini, tak terkecuali yang dilakukan oleh grup musik NinaRia.

NinaRia beranggotakan Nesia Ardi sebagai Vocal dan Snare, Yasintha Pattiasina sebagai Violin dan merangkap Backing Vocal dan Nanin Warhani yang memegang piano, akordeon dan juga backing vocal. Pada moment Hari Kartini 2019 ini, ketiga wanita tersebut merilis sebuah lagu yang berjudul “Jadi Wanita” sebagai apresiasi untuk mengenang perjuangan RA Kartini.

“Jadi Wanita” Berkisah Tentang Beruntungnya Wanita yang Hidup Saat Ini

Lagu grup musik ninaria yang berjudul “Jadi Wanita” ini menceritakan tentang betapa beruntungnya perempuan Indonesia yang hidup di masa saat ini. Perempuan-perempuan saat ini memiliki kemerdekaan untuk bergaya hidup dan bekerja sesuai dengan pilihan masing-masing tanpa ada batasan sehingga mereka bisa lebih mengeksplore diri sesuai dengan keinginannya.

Lagu yang diliris di Youtube bertepatan pada peringatan Hari Kartini yaitu 21 April 2019 ini, masih mengangkat konsep musik yang sama seperti aliran musik yang diusung pada lagu-lagu NinaRia sebelumnya yaitu musik Indonesia tahun 50 an. Untuk menambah keberagaman musik, lagu “Jadi Wanita” ini dikomposisikan dengan perpaduan gaya latin dan ‘ragtime’ bertempo sedang yang membuatnya semakin menarik dan kaya.

Lirinya pun sangat unik dan menunjukkan gambaran kehidupan perempuan Indonesia saat ini. Berikut petikan lirik lagu “Jadi Wanita”

Amboi! Betapa manisnya nona tersenyum manja

Amboi! Betapa gembira, bahagia jadi wanita

Boleh bergaya bermacam rupa

Kini wanita bebas suaranya!

Boleh bekerja, apapun bisa

Kini wanita bebas merdeka

Amboi! Gayanya menari, bernyanyi sesuka hati

Amboi! Matanya lelaki melirik malu sendiri

Makna Kata “Wanita” dalam Lagu NinaRia

Dalam etimologi Jawa, kata “wanita” berasal dari frasa “wani ditata” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti  “berani diatur”. Kata ini menggambarkan bahwa wanita harus selalu diatur dan tunduk kepada pria. Dalam lagu ini, NinaRia ingin mendobrak anggapan tersebut seperti halnya yang telah dilakukan oleh R.A Kartini bahwa wanita juga harus memiliki hak yang sama dengan kaum pria sehingga mereka bisa bebas melakukan apapun yang mereka inginkan.

“Zaman sekarang banyak loh profesi laki-laki yang sudah dijalankan kaum wanita. Dalam keseharian, saya sering menjumpai bus TransJakarta dikemudikan wanita. Saya juga sering lihat satuan pengamanan, polisi juga kaum wanita. Padahal jaman dahulu itu profesi-profesi laki-laki kan, “terang Nesia, Sabtu (20/4/2019)

Lagu Ini Dipersembahkan untuk Seluruh Perempuan Indonesia

Lirik lagu “Jadi Wanita” yang ditulis sendiri oleh vokalis NinaRia, Nesia Ardi ini mengaku dipersembahkan untuk seluruh perempuan Indonesia. Sekaligus memperingati jasa R.A Kartini yang telah memperjuangkan kesetaraan kaum perempuan Indonesia sehingga bisa memilih jalan hidup dan berkarir sesuai dengan keinginan tanpa ada kekangan atau paksaan seperti pada jaman dahulu.

Dengan adannya lagu ini, Nesia dan grup musiknya NinaRia berharap bahwa perempuan Indonesia saat ini harus lebih berani menunjukkan eksistensi diri dan juga berani mencoba untuk melakukan hal baru demi menerobos batasan sehingga mampu menciptakan sesuatu yang baru yang membuat Indonesia dan dunia bangga memiliki wanita-wanita tangguh seperti wanita Indonesia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *