Suzuki Wagon R Listrik akan Rilis, Inilah Manfaat Penggunaan Mobil Listrik

Manufaktur otomotif terbesar di negran India, Maruti Suzuki, sedang melakukan evaluasi rencana peluncuran Suzuki Wagon R versi listrik. Mobil mungil yang biasa kita kenal bernama Karimun Wagon itu akan dipasarkan secara komersial di India meski industri otomotif masih memperhitungkan harga mobil listrik yang masih terbilang mahal serta keterbatasan fasilitas pengisian daya.

Namun, sepertinya Suzuki telah berpikir kedepan dalam penggunaan mobil listrik ini. Jika hanya memikirkan kapan akan terealisasi penggunakan mobil listrik bagi masyarakat tanpa memulai langkah, bagaimana industri otomotif ini bisa sampai kesana? Karna itulah Suzuki telah merencanakan perilisan mobil listrik Wagon R. Berikut informasinya untuk Anda.

Suzuki Wagon R Listrik Siap Mengaspal Pada Tahun 2020

Dilansir Economic Times pada Senin (27/5/2019) pimpinan Maruti Suzuki Rc Bhargava menyebutkan jika The Wagon R listrik tengah diuji serta akan siap tahun depan. Namun, dia melanjutkan, jika apa yang dapat diproduksi serta dijual oleh perusahaan akan sangat bergantung pada permintaan pelanggan untuk membeli kendaraan itu karna keterbatasan biaya dan juga ruang pengisian.

Sekarang Maruti Suzuki sedang melakukan uji 50 unit Wagon R listrik. Suzuki Wagon R listrik akan dipasarkan dengan kisaran harga Rp137,6 juta sampai Rp196,9 juta di pasar India. Menurut laporan, Wagon R versi listrik mempunyai dua steker untuk pengisian daya, untuk arus listrik AC ada di depan serta socket untuk arus DC terletak di belakang.

Pengisian cepat yang memakai arus listrik direct current (DC) menyebabkan baterai mobil itu bisa terisi daya 80 persen hanya satu jam pengisian. Adapun pengisian daya memakai arus bolak-balik atau alternating current (AC) mebutuhkan tujuh jam untuk pengisian sampai baterai penuh. Suzuki Wagon R versi listrik diklaim dapat menjelajah 200 km untuk sekali pengisian daya.

Jarak jelajah sejauh itu diperlukan untuk menyiasati masih sedikitnya infrastruktur pengisian daya di negara India. Walaupun demikian, pihak Maruti Suzuki belum menyatakan spesifikasi mobil serta baterai yang akan digunakan untuk Wagon R listrik. Kita berharap semoga Wagon R listrik ini akan segera rilis dan bisa dipasarkan juga di Indonesia.

 

Mengapa Harus Menggunakan Mobil Listrik dan Apa Manfaatnya?

Bukan hanya Suzuki yang telah merencanakan merilis mobil listrik, namun beberapa vendor mobil lain pun telah ikut serta meramaikan dunia otomotif untuk merealisasikan penggunaan kendaraan yang ramah lingkunagan. Ada banyak manfaat dengan kita menggunakan mobil listrik untuk sehari-hari. Karna itulah pemerintah di negara manapun telah mengkampanyekan agar masyarakat dapat menggunakan mobil listrik untuk kedepannya.

Salah satu yang menjadikan mobil listrik ini menarik ialah ramah lingkungan dan tidak menghasilkan emisi, hal ini sama seperti mobil LCGC. Beberapa penelitian menjelaskan pemakaian mobil listrik dapat sangat mempengaruhi lingkungan jika dibandingkan dengan menggunakan mobil konvensional, terutama dalam masalah polusi udara. Selain itu manfaat lain tentu saja akan menyebabkan kualitas udara menjadi lebih baik

Mobil listrik juga akan memberikan kenyamanan yang lebih saat Anda menggunakannya dalam perjalanan. Hal ini sebab keunggulannya yang lebih senyap serta halus, sehingga berdampak pada berkendara yang nyaman sebab tidak menimbulkan banyak suara dan juga kebisingan. Hal ini tentu akan berbeda dari penggunaan kebanyakan mobil konvensional.

Manfaat lainnya dari mobil listrik ialah tentunya pada mobil konvensional membutuhkan sebuah perawatan, salah satunya dalam perawatan mesin mobil. Namun keunggulan mobil listrik, tidak terlalu membutuhkan hal-hal tersebut. Mobil listrik sangat mudah untuk perawatannya. Nah, itulah sedikit informasi mengenai produk Wagon R listrik dan manfaat penggunaannya, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *