5 Alasan Pemudik Masih Banyak Menggunakan Motor

Pada beberapa tahun terakhir ini pemerintah banyak mensosialisasikan untuk tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor. Hal ini dikarenakan berkendara dengan menggunakan sepeda motor dinilai kurang aman, apalagi jika bebarengan dengan pengendara motor lainnya saat di jalanan. Biasanya para pengendara saling salip-menyalip untuk bisa menjadi paling terdepan.

Namun kenyataannya budaya mudik dengan menggunakan sepeda motor ini terus meningkat pada setiap tahunnya. Pada tahun 2016 total pemudik yang menggunakan motor mencapai 5,6 juta unit sepeda motor, kemudian pada tahun 2017 mengalami peningkatan jumlah penggunaan menjadi 6,4 juta unit sepeda motor dan pada tahun 2018 kembali meningkat hingga mencapai 8,5 juta unit.

Edo Rusyanto selaku Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), praktisi dan yang memperhatikan keselamatan dalam berkendara mengatakan bahwa ada beberapa alasan yang membuat masih banyaknya pemudik yang menggunakan motor. Tepatnya ada 5 alasan umum yang membuat masih maraknya penggunaan sepeda motor untuk mudik. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Penggunaan Sepeda Motor Lebih Efesien Biaya

Seperti yang kita ketahui bahwa keadaan ekonomi setiap orang di negeri ini tentu saja berbeda-beda. Tidak semuanya terlahir sebagai orang berada. Biaya mudik yang cenderung mahal, biasanya menjadi sebuah alasan yang paling umum mengapa pemudik lebih memilih untuk menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman.

Sebetulnya, hal ini mereka lakukan bukan semata-mata karena mereka betah dengan suasana naik motor namun justru karena biaya yang lebih efisien. Apalagi jika mengingat bahwa perjalanan yang dilalui dengan motor akan lebih berbahaya dan lebih ekstrim dibanding dengan menggunakan mobil. Pasalnya ketika naik motor, pengendara akan diterpa panas dan hujan dengan begitu mudahnya.

Penggunaan Sepeda Motor Lebih Efektif Waktu

Motor dianggap lebih efektif dalam menempuh perjalanan yang jauh. Maksudnya, dengan menggunakan motor waktu tempuh untuk menuju tujuan bisa menjadi lebih singkat. Hal ini wajar saja, karena dengan menggunakan motor pengendara bisa lebih leluasa untuk menentukan waktu berangkat, pulang, istirahat serta rute perjalanan yang akan dilalui.

Ukuran sepeda motor yang lebih slim dari mobil juga bisa membuat transportasi ini bisa dibawa selap-selip saat jalanan macet. Selain itu, bisa juga dibawa untuk melalui jalan tikus dengan lebih mudah. Maka dari itu tidak heran jika dengan menggunakan sepeda motor, urusan waktu tempuh perjalanan bisa menjadi lebih efektif.

Motor Bisa Digunakan Transportasi di Kampung Halaman

Rata-rata orang yang mudik ke kampung halamannya lebih senang menggunakan motor. Hal ini dikarenakan biasanya di daerah perkampungan masih jarang jalan besar yang muat untuk mobil. Sehingga jika nanti setelah dikampung halaman ingin berkunjung ke sanak saudara yang jaraknya lebih jauh, akan sedikit lebih sulit jika dengan menggunakan mobil.

Menggunakan Motor karena Indikator Status Sosial

Latar belakang sosial yang terbatas, merupakan alasan yang paling umum dan mutlak digunakan oleh para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Sebetulnya, jika berbicara mengenai keamanan dan kenyamanan para pengendara itupun akan lebih senang menggunakan mobil. Namun, apa daya jika hanya sepeda motor yang bisa mengantarkan mereka untuk pulang ke kampung halaman.

Hal lainnya dari suasana mudik menggunakan sepeda motor dan mobil tentu akan sangat jauh berbeda. Dengan menggunakan motor, pengendara bisa lebih leluasa melihat pemandangan sekitar dan bersentuhan langsung dengan udara mudik. Apalagi bagi mereka yang mudah mabuk perjalanan, biasanya dengan menggunakan motor bisa meminimalisir perasaan mabuk perjalanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *